Obat Mukolitik Pengencer Dahak Ambroxol

Ambroxol, Obat Mukolitik Pengencer Dahak
Obat yang tergolong mukolitik ini memiliki fungsi untuk mengencerkan dahak. Umumnya dipakai untuk mengobati gangguan pernafasan karena produksi dahak berlebih seperti pada orang yang memiliki penyakit bronkiektasis serta emfisema. Orang yang mengonsumsi mukolitik, produksi dahaknya akan lebih encer sehingga lebih mudah dikeluarkan saat batuk. Dengan demikian, pipa saluran pernafasan lebih terasa lega.

Ambroxol yang bisa dikonsumsi anak-anak dan orang dewasa ini berbentuk obat cair dan tablet. Perempuan hamil terutama pada trimester pertama dan perempuan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi obat yang satu ini. Harus berhati-hati jika Anda menderita tukak lambung atau menderita ulkus.

Cara kerja obat ini adalah dengan memecah serat mukopolisakarida pada dahak sehingga membuatnya lebih encer. Hal ini membuat dahak lebih mudah dihilangkan dari tenggorokan saat batuk. Ambroxol juga meningkatkan produksi surfaktan, sebuah zat yang mempromosikan mekanisme clearance untuk membersihan kumah serta patogen lain, memperkuat silia (rambut-rambut halus pada bronkus), serta membantu mencegah dan mengobati infeksi pada bronkus. Yang paling bagus, obat ini tidak menekan batuk sehingga tidak menganggu respon batuk alami. Ini bagus karena batuk masih diperlukan sebagai cara untuk mengeluarkan dahak berlebih pada saluran nafas.
Indikasi ambroxol adalah sebagai obat batuk berdahak pada penyakit bronkopulmonal kronis serta akut yang hubungannya dengan lendir atau dahak berlebih atau adanya gangguan pada transportasi lendir. Kontraindikasinya yakni tidak bisa digunakan oleh pasien yang hipersensitif terhadap komponen pada ambroxol.

Mengenai dosisnya, ambroxol diberikan sebanyak 30 sampai dengan 120 mg per hari yang disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit, kondisi pasien, dan respons tubuh terhadap obat. Untuk anak-anak dosisnya disesuaikan juga dengan berat badan mereka. Sebelum mengonsumsinya, baca informasi yang tertera pada kemasan. Konsumsi obat ini dengan camilan atau setelah makan. Beri jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis lainnya. Pasien yang lupa tidak mengonsumsi ambroxol dianjurkan untuk segera meminumnya begitu teringat. Dengan catatan jadwal minum selanjutnya tidak terlalu dekat. Tidak dianjurkan pula untuk menggandakan dosis ambroxol untuk mengganti dosis yang terlewat serta menambah atau mengurangi dosis tanpa sepengetahuan dokter.

Lalu apa saja efek samping serta bahaya ambroxol? Efek samping setelah mengonsumsi obat ini memang terbilang ringan yakni nyeri ulu hati, mual, serta muntah. Jika terkena efek samping yang lebih dari itu, segera kunjungi dokter.

0 Response to "Obat Mukolitik Pengencer Dahak Ambroxol"

Posting Komentar